5 Makanan Untuk Mempercepat Otot Kekar

Makanan untuk membentuk otot biasanya identik dengan protein. Zat gizi protein memang merupakan zat gizi kunci untuk mencapai tujuan ini, tapi Anda juga memerlukan asupan karbohidrat dan lemak sebagai sumber energi.

Di bawah ini beberapa contoh makanan terbaik yang bisa membantu menambah massa otot Anda.

1. Telur
Telur termasuk makanan sumber protein, lemak, dan zat gizi mikro seperti vitamin B kompleks dan kolin. Yang spesial dari protein telur yakni kualitasnya tergolong tinggi. Ini karena protein telur tersusun atas beragam asam amino, khususnya leusin.

Leusin merupakan salah satu asam amino yang penting untuk membentuk otot. Asam amino ini berperan langsung dalam pembentukan protein, pembelahan sel, serta metabolisme yang berlangsung dalam otot Anda.

2. Dada ayam
Makanan favorit banyak orang yang satu ini ternyata merupakan pembentuk otot. Satu potong dada ayam rendah lemak sebanyak 100 gram mengandung hampir 30 gram protein. Jumlah ini hampir memenuhi 50% kebutuhan harian orang dewasa.

Selain kaya akan protein kualitas tinggi, daging ayam juga mengandung vitamin B3 dan vitamin B6. Keduanya merupakan vitamin penting bagi orang yang sering berolahraga, sebab tubuh membutuhkannya untuk mengubah zat gizi menjadi energi.

3. Daging merah rendah lemak
Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi daging merah bisa menambah massa otot. Ini karena daging merah mengandung zat gizi yang dibutuhkan otot, seperti protein berkualitas tinggi, vitamin B kompleks, mineral, dan kreatinin.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, pilihlah potongan daging rendah lemak dengan gajih yang sedikit. Potongan daging ini lebih tinggi protein tapi lebih sedikit kalori dan lemak, sehingga cocok sebagai makanan pembentuk otot.

4. Kacang kedelai
Kacang kedelai merupakan pilihan tepat bila Anda ingin membentuk otot. Seratus gram kedelai matang mengandung 15 gram protein yang setara dengan 25% kebutuhan harian orang dewasa. Selain itu, ada pula kandungan zat besi, vitamin K, dan fosfor.

Sumber protein nabati biasanya tidak mengandung asam amino yang lengkap. Namun, lain halnya dengan kacang kedelai. Bahan makanan ini mengandung semua jenis asam amino, khususnya leusin yang sangat dibutuhkan sebagai pembentuk massa otot.

5. Ikan berlemak
Makanan pembentuk otot tidak hanya perlu mengandung protein, tapi juga lemak yang menyehatkan. Kedua zat gizi ini dapat Anda temukan saat Anda makan ikan yang berlemak seperti tuna, salmon, tenggiri, dan sebagainya.

Ikan berlemak merupakan sumber asam lemak omega-3. Penelitian menunjukkan bahwa asupan omega-3 membantu menjaga kesehatan otot. Bahkan, lemak tak jenuh ini juga berpotensi menambah massa otot selama Anda menjalani program olahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *